Ulasan 2 - LXC (Linux Container)

Dalam postingan kali ini saya akan mengulas sebuah video yang diambil dari situs YouTube di alamat https://youtu.be/_KnmRdK69qM, diakses pada 18 Mei 2017. Video ini berjudul Linux Container (LXC) Introduction dan diunggah pada kanal Eli the Computer Guy. Video berdurasi 10 menit 16 detik ini diunggah pada 30 Oktober 2013 dan sudah dilihat 47 ribu kali saat ulasan ini dibuat.

Ringkasan

Di video ini dijelaskan salah satu virtualisasi yang diberi nama Linux Container atau LXC. Jika biasanya yang ada di pikiran anda ketika mendengar virtualisasi adalah Virtual Machine atau VM, LXC ini menggunakan pendekatan virtualisasi yang berbeda. VM melakukan virtualisasi penuh hingga kernel dan memori, sedangkan container yang menggunakan teknologi LXC hanya menyimpan konfigurasi sistemnya saja, sehingga alokasi memori lebih hemat, tidak perlu memakan penuh semua limit RAM yang diberikan.

Selain itu pun, salah satu daya tarik container LXC ini menggunakan shared kernel pada hostnya. Kernel tidak ikut divirtualisasi sehingga banyak container (yang memiliki peran masing-masing seperti LAMP stack, File Server, dan lain-lain) dapat menggunakan kernel yang sama dan RAM yang sama yaitu pada hostnya.

Pendapat Pengulas

Perkenalan tentang Linux Container ini sangat menarik walaupun video ini diunggah sudah 4 tahun yang lalu (dan audionya sedikit tidak sinkron) tapi teknologinya masih banyak sekali dipakai sekarang. Seperti contohnya Docker yang dulunya menggunakan LXC di bawahnya kemudian mengembangkan versinya sendiri yaitu libcontainer yang memiliki fitur yang mirip. LXC ini juga akhirnya membantu memudahkan deployment dan management di server untuk para pengembang aplikasi dan masyarakat umum.

---
Github Account : rkkautsar
URL Ulasan : https://rkkautsar-os.blogspot.com/2017/05/lxc-linux-container.html
URL Video : https://youtu.be/_KnmRdK69qM (10:16)
Video Author : Eli the Computer Guy
Pemetaan: week10
Revisi Pertama: 18 Mei 2017

Comments

Popular posts from this blog

Ulasan 1 - Dirty Cow Exploit

Ranking02